Minggu, 01 Februari 2015

Air Terjun Teroh-teroh dan Kolam Abadi


Rencana untuk eksplor objek wisata di sekitar Sumatera Utara dimulai dari air terjun Teroh-teroh yang terletak di desa Rumah Galoh, kecamatan Sei Bingei, Langkat Sumatera Utara. Teroh-teroh dalam bahasa Karo artinya bawah. Aku kurang tau makna ‘bawah’ dari air terjun tersebut. Yang jelas, saat ini tempat tersebut menjadi objek wisata pilihan banyak orang di Medan dan sekitarnya. Sewaktu kami ke sana tidak terlalu banyak pengunjung, mungkin karena lokasinya yang jauh dari jalan raya dan akses menuju lokasi yang lumayan jauh sehingga hanya anak-anak muda saja yang berminat mengunjungi tempat tersebut. Memang sih sewaktu kami ke sana nyaris tidak terlihat orangtua dan anak-anak.

Jika ingin mengunjungi Air terjun Teroh-teroh aksesnya cukup mudah, dari medan menempuh jarak menuju Binjai selama satu jam kemudian dilanjut dengan perjalanan lurus menuju desa Rumah Galoh sekitar satu jam. Perjalanannya juga cukup mudah, tidak terlalu banyak persimpangan. Jika sudah sampai di desa Rumah Galoh akan ada banyak pemuda setempat yang menawarkan jasa untuk mengantar hingga sampai ke lokasi. Tinggal terserah anda ingin mengikuti atau jalan sendiri menuju lokasi yang sebenarnya hanya mengikuti jalan saja. Tidak ada angkot yang menuju kesana, jadi disarankan untuk membawa kendaraan sendiri.

Untuk menuju ke lokasi air terjun kita akan diantar oleh guide yang dikelola oleh penduduk setempat dalam bentuk shelter-shelter atau pos-pos guide. Untuk sementara ini mereka masih mengelola secara mandiri dan terpisah antara satu pos dengan pos lainnya. Satu rombongan akan dipimpin 1 atau dua orang guide. Selain menjadi penunjuk jalan, mereka juga akan membawakan barang-barang pribadi anda seperti handphone atau dompet ke dalam plastik.  Sedangkan untuk pakaian, tas, helm, sepatu, dsb bisa dititipkan di pos. Barang-barang yang disimpan di pos akan dicatat dan dijadikan satu di dalam karung.

Jalur traking menuju lokasi air terjun melewati perkebunan karet milik warga. Selain itu, guide akan mengajak kita ke kolam abadi. Tempat ini sebenarnya adalah aliran sungai menuju air terjun teroh-teroh. Airnya yang jernih dan sejuk membuat banyak orang merasa betah berlama-lama berendam di sini. Selain itu, aku sendiri tidak begitu tau kenapa warga sekitar menamakannya kolam abadi, mungkin sebagai salah satu strategi marketing saja.

Itu anak kecil di belakang ngapain ya? horor nih.
Air sungainya sangat jernih dan sejuk. 

Perjalanan selanjutnya menuju air terjun Teroh-teroh dilakukan melalui jalur sungai, itu artinya kita akan diajak body rafting dengan hanya menggunakan jaket pelampung. Saran saya, hati-hati saat melakukan body rafting, selain banyaknya bebatuan besar sehingga memunculkan putaran air dibawahnya, ada banyak pohon-pohon yang tumbang ke bawah sungai. Ranting-ranting pohon ini cukup tajam, jika tidak hati-hati bisa melukai badan dan sangat berbahaya. Para guide akan membantu untuk melewati rintangan-rintangan tersebut.

Aku sedikit kecewa saat kesana tidak membawa kamera waterproof seperti gopro atau semacamnya, karena kita akan menyaksikan banyak pemandangan yang menakjubkan ketika melakukan body rafting. Sayang sekali jika momen tersebut tidak terdokumentasikan. Aku teringat ketika melakukan susur sungai di hutan Gigisoro, Sidangoli, Halmahera Barat bersama bang Irwandi dan temannya pak Demanus (aku lupa namanya). Lokasinya kurang lebih sama; sungai yang masih asri dengan tebing yang menjulang tinggi di kanan kirinya. Jika dibersihkan dari kayu-kayu yang melintang dan menatanya sedemikian rupa, aliran sungai ini bisa dipromosikan sebagai objek wisata rafting.

Teroh-teroh waterfall (sok inggris)


Setengah jam perjalanan menyusuri sungai, tiba lah kita di air terjun teroh-teroh. Agak sulit jika ingin mengabadikan tempat ini secara full, karena lokasinya yang sempit dan banyaknya pengunjung ingin berfoto dengan latar belakang air terjun Teroh-teroh. Sebuh pohon yang melintang di tengahnya bagiku juga cukup mengganggu pemandangan. Tapi yah, inilah air terjun Teroh-teroh yang bisa menjadi salah satu objek wisata pilihan bagi anda yang ingin berkunjung ke kabupaten Langkat, Sumatera Utara. 

Sorry fotonya masih narsis, nanti kalau ada kamera sendiri insyaallah aku fotokan secara full. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Blognya ini ....

Tayangan

Cari Blog Ini

Teman-teman