Senin, 22 Februari 2016

Nelayan Ngerenehan

Pantai Ngerenehan dari atas. doc: Ardian

Pantai Ngerenehan merupakan satu dari sekian banyak pantai yang ada di kebupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari yang berjarak sekitar 30 Km dari kota Wonosari, pantai ini menawarkan pemandangan yang berbeda dari pantai lainnya di Gunung Kidul. Pantai Ngerenehan bisa dikatakan berupa teluk yang berbentuk seperti lingkaran dengan dikelilingi tebing kapur di kanan kirinya. Deburan ombak yang pecah menghantam tebing karang menambah eksotisme tempat ini. Biru laut yang tenang dan hamparan pasir putih memberikan pengalaman yang berbeda bagi siapa saja yang mengunjungi tempat ini.

Hal yang berbeda dari pantai lainnya ialah wisatawan yang berkunjung ke pantai Ngerenehan dapat menyaksikan beragam aktivitas para nelayan. Ketika pagi hari satu persatu nelayan mulai merapat ke bibir pantai untuk menjual hasil tangkapan mereka di tempat pelelangan ikan yang ada di pantai Ngerenehan. Salah satu hal yang menarik adalah budaya gotong royong yang masih dipertahankan oleh seluruh nelayan di tempat ini. Hal tersebut terlihat ketika perahu telah merapat ke tepi pantai, dengan bahu-membahu para nelayan mengangkat perahu tersebut ke daratan dan di susun dengan rapi. Tujuannya agar perahu mereka tidak terseret ombak ketika air laut pasang sekaligus mempererat tali persaudaraan satu sama lain.

Tidak hanya melihat aktivitas nelayan, para wisatawan yang berkunjung ke pantai Ngerenehan juga dapat menikmati hidangan laut hasil tangkapan para nelayan di rumah makan yang banyak tersedia di sekitar tempat ini.



Beberapa perahu bersiap menepi. (doc. Ardianto)

Bersiap merapat (doc. ardianto)

Bahu-membahu mengangkat perahu ke daratan (doc. ardianto)

Gotongroyong mempererat persaudaraan (doc. ardianto)

Membawa hasil tangkapan (doc. ardianto)

membawa hasil tangkapan (doc.ardianto)

menuju tempat pelelangan ikan (doc. ardianto)

Tempat pelelangan ikan (doc. ardianto)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isi Blognya ini ....

Tayangan

Cari Blog Ini

Teman-teman